AW 03 | PRINTABLE TO-DO LIST AND BEING WEDDING ORGANIZER

12.58

Menuju acara inti, diperlukan wedding organizer. Karena budget tidak banyak, keluarga adalah WO terbaik. Pemilihan setiap anggota panitia sudah teruji dan kenal tentunya. InsyaAllah tidak akan bleset walaupun dengan menggunakan WO kita bisa santai santai tidak perlu memikirkan hal hal tidak penting lainnya dan hanya tinggal bilang ini itu mau saya. Kelar. Lagipula sebelumnya pernikahan kakak kakak saya semua tidak menggunakan WO Profesional, InsyaAllah sudah berpengalaman dan terpercaya.

Nah kali ini saya ingin membantu untuk kalian yang sedang merencanakan pernikahan dengan tanpa budget banyak dan di musim pandemi seperti ini. Sebelumnya diingat berjalannya suatu acara akan baik bila koordinasi antar anggota atau panitia harus sinkron. 
Bisa langsung di print atau di edit, untuk yang To-Do List Pernikahan saran saya langsung disimpan di smartphone saja dengan men-download Google Excel karena bisa langsung di edit disana dan setiap kali to-do listnya sudah tercapai, tinggal dicentang saja. Kalau perlu tambahan juga silahkan ditambahkan sendiri.

Sebelum mengakhiri, saya rangkum tips tips menjadi WO sendiri bersama keluarga sesuai pengalaman pribadi. Yang dirasa sesuai silahkan diikuti dan yang sekiranya tidak sesuai, bisa disesuaikan kebutuhan masing masing. Tidak semua tips dari saya sesuai dengan keinginan lainnya.

TIPS WO BERDASARKAN PENGALAMAN
  • Per detailnya harus jelas dan matang. Tiap ada technical meeting, semua panitia harus datang. Kalau kalau ada yang tidak bisa datang maka tiap anggota per sie panitia harus hadir biar tidak tumpang tidih karena miss communication. 
  • Pilih tiap panitia dengan hati hati, pilih karakter dan sifat yang sesuai job. Misal sie keamanan maka pilih orang yang tegas. Jangan yang apa apa iya (terlihat malas atau klemar klemer gitu)
  • Memilih vendor sesuai budget. Kalau bisa sudah dari jauh jauh hari kepo in berbagai vendor, seperti foto & video, katering, souvenir dan sebagainya. Banyakin tanya pricelist sama keingunan keinginan yang kamu mau ada di acara spesialmu. Atau juga bisa manfaatin sekitarmu misal tetanggamu jago banget masak plus enak lagi. Bisa pakai jasanya tuh sajiin masakan.
  • Sepakati susunan acara bersama. Tiap kegiatannya harus dibicarakan bersama. Setiap jamnya harus jelas dan pas acara harus sesuai dengan jadwal (mbleset dikit gapapa lho). Si pemangku acara kalau tidak suka sama bagian kegiatannya harus ngomong. Jangan sampai diam aja, terus menggerutu sendiri nantinya. Tiap panitia juga harus diberi pengertian nih kalau misal panitia di sie lain membutuhkan pertolongan, maka tolonglah. 
  • Lokasi acara juga tidak kalah pentingnya. Pilih sesuai dengan kapasitas orang yang ingin diundang dan budget tentunya. 
  • Jangan lupa tiap per pertemuan rapat harus dicatat dari awal pertemuan sampai H-1 (kalau ada yang mau TM pas H-1). Di print juga boleh lho. Pastinya pas hari H susunan acara harus di print dan dibagikan pada tiap panitia agar tidak berantakan setiap proses acara.
  • Tentukan budget per vendor. Total budget dicatat diawal. Per vendor tentukan budgetnya berapa. Nanti akan mempermudah menentukan vendor mana yang mau digunakan. Pilih yang sesuai budget awal. Kalau berlebih, cut saja. Tidak usah malu. 
  • Gunakan bakat dan keahlianmu untuk meminimalisir budget. Karena saya bisa desain dan banyak maunya. Untuk desain packaging souvenir dan undangan saya desain sendiri. Apalagi untuk undangan. Berdasarkan pengalaman melihat keseharian orang orang terutama dirumah. Setiap ada undangan pernikahan mau desainnya bagus, harga mahal atau murah, ujung ujungnya dibuang juga. Jadi saya buat seminim mungkin. Hanya bermodalkan kertas ukuran A4 saya desain berbeda agar muat seluruh isi keseluruhannya. Untuk mempercantiknya saya tambah wax seal. Buat sendiri sebenarnya gampang akan tetapi harga alatnya yang lumayan dan tidak sebanding dengan jumlah undangan yang saya buat serta kelanjutan pemakaian ke depan, akhirnya saya beli yang sudah jadi saja di e commerce. Untuk undangan cetak saya sengaja hanya mencetaknya sedikit untuk orang orang tertentu saja, sisanya saya membuat secara video dan menyebarkan melalui WA. Ini juga untuk meminimalisir budget biar bisa dipakai ke kebutuhan lainnya. 

Bicara soal souvenir, saya memilih membelinya di e-commerce pula dengan budget hanya 6ribu aja per pcs. Alhamdulillah nemu dan packagingnya saya desain sendiri juga yang senada dengan undangan. Saya buat sepraktis dan semudah mungkin pas dibawa. Untuk percetakannya kebetulan, teman saya, Elly, orangtuanya punya jasanya jadi kebetulan harga juga cocok ya saya menggunakannya. Nah disini juga perjuangannya, undangan sudah dilipatkan, tapi belum masuk plastik. Lalu untuk packaging semua pcs nya belum ditekuk. Saya tinggal dirumah sendiri bersama Papa, Ibu sedang bertugas keluar kota. Satu per satu saya lipat sendiri karena saya ingin perfect hasilnya tidak ada yang rusak atau tidak sesuai keinginan. Apabila hal yang tidak diinginkan terjadi pasti membuat mood jadi tidak bagus. So, saya kerjakan semua sendiri. 
Semoga printable list pernikahan dan WO ini berguna. Selamat berbahagia bagi yang sedang mempersiapkan pernikahan impiannya. Jangan lupa ikuti dan atuhi protokol kesehatan demi kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan bersama. 

With love,
Annisa Nurlaili

You Might Also Like

0 komentar

BLOG POSTS

INSTAGRAM

Subscribe