Alzheimer

11:08 PM

Bismillah :) aku nulis blog ini dengan berperasaan yang sangat kacau banget . kukuk kukuk . ada perubahan sama papa . nguuuuk . sedih bangeeeet pas ngeliat perubahaan di papa . awalnya aku gak tau , tapi tamba lama ko tambaah aneh .

jadi gini cerita awalnya , aku kan mau berangkat sekolah . nah aku bangunin papa . kan biasanya yang nganterin aku sekolah kan papa . pas papa tadi uda bangun moromoro aku di suruh salim sama papa . aku bingung . terus papa tanya "berangkat naek apa?" aku ya jawab "dianter papa kan?" tak kira itu guyon , biasanya papa guyonnya gitu --"

lha setelah itu , aku pake sepatu . terus papa keluar kamar pake celana panjang . tumben ? --" abis gitu papa buka kulkas . lha ko moromoro kayak orang bingung gitu . terus nanya kunci mobilnya dimana ? ya tak jawab di tempat kunci biasanya . abis gituu ya berangkat sama papa .

papa juga pas berangkat jalan ke sekolahku lewat jalan yang beda --" kemaren lewat jalan yang di darmo sekarang yang di ngagel . tak pikir seh itu ya papa lagi pengen ae . yauda tak biarin ae . pas mau nyampe sekolahku papa ko malah nanya aku turun di dalam apa di luar ? aku lak yo bingung se di tanya gitu . kan biasanya gak tanya . papa ngulangin pertanyaannya deh . ya tak jawab di luar . pas aku uda turun , kudu nanges tapi pas uda di kelas malah keinget pr . haha #lupakan , gak penting .

jam 6 aku baru nyampe rumah . aku di tanya sama mbak astri pas aku berangkat sama papa itu jalannya sempet nyasar gak . ya aku jawab enggak , emang gak nyasar ko  --" terus katanya papa sakit pikun . terus katakatanya ibuku di copas pembantuku  katanya , penyakitnya itu dari kemaren tapi hari ini benerbener parah .  masak ya katanya ijin gak masuk kantor nelponnya sampe 5 kali . Ya Allah :((

pas ibu pulang praktek sama papa , ibu buka internet terus baca penyakitnya papa . ternyata papa sakit Alzheimer . Penyakitnya itu penyakit turunnya daya ingat yang dapat membunuh sel-sel fungsi otak . Huaa takut deh pas bacanya . Penyakitnya itu biasanya menyerang lansia yang usianya di atas 65 tahun sedangkan papa usianya baru 60an lhoooo :( ibu juga bilang tadi kalo papa di tanya itu sama kejadian yang kemaren sampe seminggu yang lalu itu lupaa . papa gak inget kalo kemaren itu papa ngapain aja . pergi kemana . dan sebagainya . padahal kan kemaren papa ke kantor buat kerja . kemaren juga papa pulang jam 7 , itu garagara penyakit apa emang masih kerja ya ? -,-

penyakit ini juga biasanya menyerang sama orang yang lagi depresi , stroke , penyakit jantung , dsb . beberapa ciri dari penyakit ini :
  • perubahan perilaku , jadi perilakunya itu beda . gak kayak biasanya . 
  • gangguan memori dalam mengingat , 
  • kesulitan berbicara dan berbahasa , jadi susah buat ngomong dengan bahasa yang biasanya digunakan . acak-acakkan dalam bahasa .
  • kesulitan berpikir abstrak , susah untuk berpikir yang tentang ngebayangin sesuatu .
  • berhalusinasi , jadi pikirannya itu berkhayal . kayak papa tadi pagi pas di tanya ibu , katanya papa ditekan sama bosnya buat apaa gituuuu sampe ada kata uang 1 miliarnya segala . padahal enggak --"
  • perubahan mood , moodnya itu bisa berubah-berubah . gak nentu . bisa jadi gampang marah , atau suka berpikir yang negatif . aku juga baru nyadar kalo papa akhir-akhir ini sering gampang marah sama aku . apa aku yang salah apa karena penyakitnya papa ya ituu ? --"
  • salah meletakkan barang , ya barang yang biasanya di atas meja malah ditaruh di kursi . jadi kayak gitu contohnya .
  • disorientasi waktu , orang , dan tempat , jadi lupa sama sesuatu yangbisa jadi lupa arah jalan yang menyebabkan jadi tersesat padahal jalan itu sering dilewati atau kegiatannya atau sama orang terdekat pun bisa lupa . kayak tadi , papa hampir lupa emak , pembantuku --"


alzheimer ini juga ya susah disembuhin . butuh bantuan lingkungan juga . harus di kasih perhatian yang lebih . harus selalu ditemenin . jadi ya aku sama mbak astri , mas iksan , sama ibu harus ikut berperan untuk kesembuhan papa . bismillah ya Allah bantulah hamba dan keluarga hamba agar dapat memberi kesembuhan sama papa , dan bisa bantu menjadi papa yang dulu lagi . AMIN !

aku minta bantuannya semuanya biar aku sama ibu sama mbak astri sama mas iksan bisa ngejalanin ini semua dan biar papa bisa cepet sembuh .

get well soon , papa !
I LOVE U PAPA ! :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

INSTAGRAM

Subscribe