positive thinking

3:00 PM

halo semua hehe

tumben saya ngeblog malammalam begini. tapitapi sekarang ini aku lagi agak galau banget -.- di otakku cuma ada kata "positive thinking". gak tau galau kenapa? yang jelas masalah gak punya tapi ngerasa galau. aneh ya aku? --"

mengikuti ajaran guru BK-ku. kita harus berpikir positif setiap kita lagi ada masalah atau apa lah yang lagi membebani kita. jangan sampe kita marah-marah gak jelas gitu cuma garagara masalah sepele. 

menurut cerita yang diceritakan guru BK-ku *yang tak inget* gini :

"suatu ketika ada seseorang yang ingin bertamu ke rumah temannya karena sebuah urusan. ketika dia telah sampai di rumahnya, seseorang itu tadi disuruh menunggu sebentar di luar karena temannya sedang ada urusan. setelah menunggu hingga 3 jam, akhirnya temannya datang juga dihadapannya. yang awalnya ia merasa kesal karena telah menunggu lama dapat terhenti juga kekesalannya itu.

tak lama kemudian si temannya ini ijin masuk ke dalam untuk mengambil minum. tapi setelah sejam menunggu lamanya, temannya tak kunjung datang juga. amarahnya mulai memuncak lagi. namun karena ia sedang ada urusan, dia menahan amarahnya itu.

temannya pun datang sambil membawa teko dan cangkir. si teman pun menawarkan diri untuk menuangkan minuman itu ke dalam cangkirnya. namun apa yang terjadi? temannya itu menuangkan minuman tersebut hingga penuh dan hampir akan tumpah. seseorang itu tadi pun amarahnya mulai memuncak kembali dan tak dapat terkontrol. dia meluapkan kemarahannya itu kepada temannya.  

sang teman pun hanya menanggapi amarahan temannya itu dengan berkata "datanglah kemari lagi jika cangkir milikmu telah kosong,". seseorang tadi itu pun terdiam dan pulang memikirkan maksud dari perkataan temannya itu."

kalian tau apa maksud dari cerita di atas?

jadi gini, maksud dari cerita di atas itu gini, cangkir itu tadi ibaratkan sebagai emosi kita. nah dari cangkir itu, seharusnya kita tidak mengisinya hingga penuh. cangkir itu harus kosong, dalam artian emosi kita tidak memuncak.

cara yang paling ampuh agar cangkir kita itu tetep kosong adalah dengan "berpikir positif" atau lebih dikenal dengan "positive thinking" sama kita harus berperasaan positif.

misalnya gini, kita lagi ada janji sama seseorang tapi karena suatu hal, orang yang uda buat janji sama kita itu tibatiba ngebatalin janjinya karena suatu hal. nah, dari sini sebaiknya kita gak marahmarah yang gak jelas gitu. otak kita dipenuhin dengan rasa positif aja. bilang gini aja di dalam "mungkin aja temen kita itu lagi ada urusan yang lebih penting" atau "masih ada laen waktu" atau "bisa buat janji sama yang laen" dan sebagainya lah, pokoknya berpikir positif.

tapi kalokalo rasa amarahnya belum keredam, mending kita istigfar sama dzikir aja. itu bisa buat nenangin hati lho.. atauatau ambil wudlu aja, biasanya aku ampuh kalo lagi ngeredam amarah hehe :p

kalo belum ampuh juga, lakuin sesuatu deh yang bisa nenangin pikiran dan hatimu. lakuin segala hobimu. dengerin musik atau baca buku atau travelling atau shopping dan apalah hobimu. tapi jangan seringsering travelling sama shopping entar uangmu habis lagi terusterus gak makan abis gitu entar yang disalain aku lagi. aku kan gak mau disalain. haha *apa seh geje banget -.-

dari berpikir positif juga ada manfaatnya kok. salah satu dari manfaatnya adalah kita bisa ikhlas menerima sesuatu kejadian yang menimpa kita. berpikir positif juga bisa buat kita awet muda lho. haha. orang yang gampang marah biasanya mukanya mukamuka gampang tua lho *peace :p

balik ke serius lagi haha *sok*. kalo kita berpikir positif bisa jadi Allah menggantikan hal yang tidak enak itu menjadi suatu hal jauuuuuuuuuuhh lebih enak lagi. pilih mana hayoo hal yang enaknya biasabiasa saja apa hal yang jauuuuuuuuuuuuhh lebih enak? pasti milih hal yang jauuuuuuuuuuuuuhh lebih enak, iya kan? haha makanya ayo kita berpikir positif ! aku yakin kita pasti bisa ! percayalah ! jangan nyerah !

eh eh eh eh, tau gak se? *enggaklah, kamu belum bilang juga*. aku uda gak galau lhoo garagara nulis ginian haha makasi blogku sayang, kamu uda buat aku gak galau  malam ini :*

be positive thinking like the tittle of his (Muhammad Syafi'ie el-Bantanie) book :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

INSTAGRAM

Subscribe