pahlawan perempuanku

9:30 AM

menurut semua orang , R.A Kartini adalah pahlawannya para wanta . karena beliau lah sekarang kehidupan para wanita bisa bebas seperti kaum lelaki . aku juga berterima kasiiiiiihh bangeeeeet sama beliau soalnya garagara beliau memperjuangkan wanita indonesia agar gak selalu mengenal yang namanya dapur dan dipingit di rumah tetapi juga perlu ilmu pengetahuan . sedikit cerita ya tentang biografi kartini . gak papa kan? hehe .

Raden Ajeng Kartini lahir tanggal 21 April 1879 di Jepara , Jawa Tengah . Dia termasuk anak bangsawan yang masih taat pada adat istiadat . Sesudah lulus sekolah dasar , dia tidak boleh melanjutkan sekolahnya menuju sekolah menengah pertama . Dia dipingit di rumah sampai saatnya dia untuk menikah *wah kasian sekali , andai aku ada di zaman gitu . gak kebayaaangg deh*. Sebenarnya dia ingin sekali memberontak agar tak diperlakukan seperti ini namun dia tidak berani karena takut dianggap menjadi anak durhaka . Akhirnya , dia mengumpulkan berbagai macam buku pengetahuan dan membacanya di taman bersama Simbok ( pembantunya ) .

Kartini sangat tertarik terhadap kemajuan pemikiran wanita eropa . Akhirnya dia mengumpulkan para wanita muda untuk diajarka baca tulis dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya . Tak lupa dia tetap membaca, membaca, dan membaca . Lalu beliau menulis surat kepada temannya di Belanda untuk memberikan dia beasiswa . Namun beliau belum semat menggunakan beasiswa yang diberikan kepadanya karena dia telah dinikahkan oleh ayahnya dengan Raden Adipati Joyodiningrat .

Secara otomatis , setelah menikah ia ikut bersama suaminya . Suaminya sangat mendukung Kartini untuk membangun sekolah wanita . Berkat kegigihannya beliau dapat mendirikan sekolah wanita di Surabaya , Cirebon , Malang , Madiun , Yogyakarta , dan sebagainya . Nama sekolah tersebut adalah "Sekolah Kartini" .

Beliau meninggal pada tanggal 17 September 1904 pada usia 25 tahun *ya Allah , muda bangeeeeet . aku meninggal usia berapa yaa? -,-"* . Setelah ia meninggal , kehidupan wanita sudah berubah . Tidak ada lagi perbandingan antara derajat kaum lelaki dan kaum perempuan . Sekarang kehidupan perempuan sangatlah indah . Mereka dapat bersekolah hingga perguruan tinggi . Semua ini berkat Kartini . Oleh karena itu , ditetapkannya lah tanggal kelahirannya sebagai "hari Kartini" sebagai tanda terima kasih rakyat Indonesia atas perjuangannya :D

eiitttss ,, kalo menurutku aku punya pahlawan perempuanku sendiri lhooo .. dia adalah ibuuuuuku ! Lestari Handayani namanya . dia mau mengandungku selama 9 bulan lebih beberapa minggu . dia mau merawatku penuh dengan kasih sayang yang tiada tandingannya dengan uang yang berlimpahlimpah . dia mau bangun malemmalem pas aku masih bayi buat netek i aku . dia mau bersihin kotoranku pas aku masih bayi . dia mau ndulang aku pas aku belum bisa makan sendiri .

aku bisa membaca sama menulis karena dia yang mengajariku  meskipun lamaaa bangeeet aku bisa baca tulis , kirakira SD kelas 1 atau 2 gitu aku baru bisa baca tulis hehe :p . mau antar jemput aku ke sekolah pas aku masih TK *antara kantornya ibu sama TK-ku dekeet e --"* . dia juga gak pernah minta yang anehaneh yang buat aku merasa bebas . dia rela berkorban cuma buat aku , tentunya juga buat kakak kakakku .

ibu juga mau bekerja dari pagi sampai malem hanya untuk membiayai kehidupanku sama kakak kakakku yang lainnya yang pada akhirnya semua kakak kakakku bisa mencapai perguruan tinggi S1 semua . dan ibu juga bisa kuliah sampai S3 *wow .. mantaaapp !* . padahal aku tau bangeet kalo ibu itu pasti capeek bangeeeet harus berangkat ke kantor pagi dan pulangnya malem jam 9an gituu . kadang pulangnya bisa mencapat jam 10 . ya Allah , aku kasian se ngeliat ibu kayak gitu . pengeeen bangeeet buat bantuin ibu kerja . tapi aku mau kerja apaan? umurku masih 15 tahun . pekerjaan apa yang cocok buat aku? lulus SMA aja belum . padahal syarat untuk bisa bekerja kan minimal S1 . ya ampuun , tega bangeet mereka . kenapa harus S1 se? kalo seseorang itu punya ketrampilan yang bagus padahal dia gak bisa kuliah , gimana itu? --'

hm .. mungkin sekarang aku gak bisa bantuin ibu dengan aku ikut kerja tapi aku masih bisa ngebahagiin ibu . aku pengeen bisa ngebahagiin ibu seperti ibu ngebahagiin aku :D gak semua harus di ganti dengan materi tapi bisa juga dengan kasih sayang yang tulus dariku kepadamu ibuuu .







ini ibu saya yang tercintaaaa , emuaah :*

love you mom :*
selamat hari kartini :)

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

INSTAGRAM

Subscribe