diklat TIK

10:54 PM

ayayayay .. sebuah postingan yang telat tapi tak apa haha . aku ikut diklat TIK selama tiga hari dari tanggal 22 - 24 April 2011 . wuuuss .. seru bangeet , sumpah . meskipun capeek gitu tapi kebayar lah dengan ikut diklat ini . sebenernya menurut ceritacerita yang aku dapet dari kakak kakak kelas , diklat TIK ini diklat yang pualeeeng nyantai . ternyata bener diklatnya nyantai poool . isinya itu gak ada hukuman hukuman yang berat . kebanyakan kita itu ikut workshop sama presentai tentang halhal baru sesuai bidang kita masingmasing . ada fotografi , IP ( internet progamming ) , DG ( desain grafis ) , sama elektro .

oh iya , di ekskul TIK ini punya nama grup tersendiri lho . namanya GCC ( green computer club ) . jadi di diklat ini itu juga di datangkan kakak kakak alumni yang ngisi sebagai si pembicara di workshop sesuai bidang mereka . alumninya yang datang banyaak bangeet . tujuan dari diklat ini adalah untuk menyatukan antara alumni dan anak anak yang ada di diklat di tahun 2011 ini . maksudnya biar kitakita itu bisa deket sama kakak kakak alumni jadi bisa berbagi ilmu gitu . katanya juga se , ini diklat yang pertama kali buat TIK . woooww banget deh . jadi kita ini orangorang yang pertama kali ikut diklat TIK .

jadi hari jumat sebelum solat jumat itu kita uda ngumpul di sekolah . nah pas adzan , yang laki itu sholat di masjid terdekat sekolah soalnnya kan hari jumat itu hari libur jadinya di sekolah itu enggak ngadain sholat jumat . oke , sambil nunggu yang laki sholat , aku , mb dj , icha , savira , puput  sama mb dewi nyiapin prensetase buat di Tretes ( tempat kita diklat ) . kita mau presentasiin tentang stop motion yang juga nampilin videonya aulion yang lagi ngetrend trendnya .

nah setelah anak cowok selesei sholat , kita para cewek waktunya buat sholat dhuhur di masjid sekolah . setelah itu kita sambil bawa tas kita masing masing kita ngumpul di depan parkiran motor , pembagian bison kita pun dimulai . aku ada di bison 1 bersama icha , savira , bena , iim , mas nirwan , prasidhi , mas surya , mas helmi , mas robby , hilman , sama pak syifa' . wakawaka .. sumpah ngakak mulu pas di bison soalnya tenaganya mas surya masih banyak jadi kita guyonguyon deh :D

gak terasa satu setengah jam di perjalanan akhirnya sampai jugaaa :d kita turun di depan hotel surya terus kita jalan barengbareng turun menuju villa . berat , capek , pegel , tapi semuanya kebayar pas uda sampe villa . villanya gede bangeeeet . yang para alumni tidur di lanatai satu , lantai dua buat para peserta cewek , yang lantai tiga buat peserta cowok . aku sekamar sama mb dj , icha , savira , bena , mb ana , mb intan , mb syauqina , sama mb indri ( tapi sayang mb indri gak jadi ikut garagara gak boleh sama ortunya soalnya minggunya mau ikut cek point cambridge takutnya gak bisa belajar ) . tapi ketambahan bu lely sama bu fatma . haha

habis naruh barangbarang kita ke depan kamar kita buat pembukaan . semua kegiatan mulai dari workshop , presentase dan sebagainya disitu itu . habis pembukaan kita sholat . dan setelahnya kita bersih diri tapi yang mandi pada sore hari itu dikit bangeet deh ehehe . jam 6 tepat kitakita semua pada siapsiap buat sholat magrib . jadwal pertamanya kita itu cuma sholat magrib tapi sama pak syifa' di jama' qashar sama sholat isya' . cegek deh . padahal kan awalnya habis sholat isya itu langsung hubungan antara hubungan agama sama iptek gitu . yang ngisi acaranya ya pak syifa .

ipteknya baguus bangeeet deh . sesuatu yang mustahil di zaman dahulu menjadi suatu yang logis di zaman sekarang . contohnya lahirnya Nabi Muhammad . beliau lahirnya kan dulu perut ibunya dibelah gitu sama malaikat . kalo menurut zaman dahulu , hal kayak gitu itu mustahil banget . tapi pada zaman sekarang hal kayak gitu logis dengan cara operasi caesar . operasi gitu kan sakit bangeet tapi banyak banget yang pengen pas melahirkan itu lewat operasi caesar .

terus ada lagi , pas Rasulullah mau isra' mi'raj itu kan beliau mengendarai burung buroq . nah burung buroqnya ini dalam waktu sekejap itu bisa sampai ke tujuan . kalo menurut zamannya Rasul ya itu kan mustahil tapi kalo zaman sekarang mah logis banget soalnya uda ada mobil , kapal , pesawat dan sebagainya . tapi sayangnya ya yang nyiptain semua itu bukan orang islam , tetapi orangorang yang agamanya bukan islam . sayang banget lho . mereka itu bisa nyiptain semua itu garagara mempelajari tentang al qur'an . ayo islam ciptakan sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan al qur'an !

habis iptek ini acara selanjutnya itu workshop IP . pas workshop itu gak boleh bawa hape . jadi hapeku tak tinggal di kamar . peraturannya juga kalo ada barang yang gelatakan diluar kamar dan dilihat panitia maka barang itu bakal di ambil sama panitia dan dikembaliin pas pulangnya . habis gitu dilanjutkan dengan workshop fotografi . banyak yang suka se sama fotografi tapi ya gitu uda malem banget . pas itu uda jam 9 lebih . uda banyak yang ngantuk jadi ya kurang semangat gitu . buat pelajaran tentang fotografi klik sini . after this , it's time for sleep !

keesokannya kita bangun pagipagi kirakira jam 4 pagi . waktunya sholat shubuh yang diimami oleh pak aunur . setelah sholat ada kultum ( kuliah tujuh menit ) shubuh . bapaknya ceramah apa ya? lupaa .____. habisnya sholat kita siapsiap buat olahraga pagi . pertamanya ngumpul di depan villa , kita pemanasan dulu terus kita jalan pagi bersama . seru deh . saling bercanda bareeeng gitu menambah keakraban .

setelahnya kita , kembali ke villa buat bersih diri . jadwal awalnya setelah bersih diri kita makan pagi tapi berhubung makanannya belum selesei dimasak . akhirnya kita mengisi waktu dengan workshop 3D animasi menggunakan blender . aku gak nyatet apa apa dan aku juga gak mudeng menggunakan blender itu --" ( maaf ya mas nahendra ) . dan aslinya juga pas itu aku belum mandi garagaranya waktunya uda abis dan aku berada di antrian terakhir . aku mengalah saja lah .

karena makanannya uda jadi kita makan dulu deeeh :D wuu .. sumpah kenyang . menu pagi ini adalah pecel , tahu sama tempe . kalo makanan kemaren malam itu tahu tempe sama gituu gatau namanya --" hm .. makanannya dari kemaren malamnya itu pedes semuaaa . ya Allah , perutku gak kuat gilaa . sakiiit meen .

habis makan pagi kita lanjutin dengan workshop desain grafis . karena banyak dari peserta yang sibuk dewe alias gak dengerin akhirnya mereka disuruh meraktekkin seperti yang di contohin masnya . hahaaha . tapi pada akhirnya mereka gak nyatet apa apa . oh iya  ada coffe break . uda di sediain sama si konsumsi berupa pisang goreng sama tela . berhubung aku lagi megang kameranya sapa ya? gatau pokoknya dari tangannya tacik tak pinjem jadinya sibuk fotofoto deh hehe . setelah puas , aku pergi ke lantai dua buat mandi :D  habis itu kita lanjutkan dengan workshop elektro . wow.. ini workshopnya paleng ruweeet dewe . bahas tentang rangkaian rangkaian gitu yang ada di robot . wukwukwuk

jam satu apa jam duaan gitu kita lanjutkan dengan sholat habis gitu makan siang dengan menu apa ya? lupaaaa --" habisnya gitu kita semua sholat ashar dan setelahnya kita itu ikut kegiatan yang asik . sebenernya itu buat persiapan lomba pimits ( robot ) . tapi kan karena ada yang gak ikut lomba jadi sisanya itu ikut ke bidangnya masingmasing . karena aku ngidam bangeet sama SLR jadi aku ikut yang fotografi deh hehe karena pas itu lagi hujan akhirnya gak jadi ngambi foto diluar dan ngambil foto candid di dalam ruangan . tapi gak apalah yang penting aku bisa ngicipi SLR punyanya masnya alumni . uuuuuhh

karena hari mulai gelap . jadwalnya berganti dengan presentase buat setiap kelompok . setelah diundi buat urutan yang maju , grup fotografi maju duluan tapi belum sampe selesei , uda adzan magrib jadi di tunda dulu buat sholat magrib . seusai solat magrib kita lanjutin presentase . tapi sebelumnya harus ada yang pulang dulu karenanya besok ada cek point buat yang ikut cambridge jadi ya harus pulang hari itu juga hiks . okeoke semua selesei . kelompokku presentasenya yang paling akhir  menampilkan tentang stop motion dan menunjukkan videonya aulion .

karena semuanya uda pada kelaparan , jadi kita makan malam dulu dengan menu sop sama telor . wakwak terus sholat isya' terus dilanjutkan dengan game , nama gamenya secret mission . jadi kita kelompokan sesuai kelompok presentasi dan karena banyak yang pulang , kelompok fotografi kan ada 2 doang soalnya mb kartika sakit dan mb tita pulang jadi savira , iim , sama puput pindah ke kelompoknya mb ajeng sama mas helmi . permainannya seru bangeet . benerbener menguras otak dan pertanyaan pertanyaannya itu masih nyambung sama yang dari workshop itu . bermanfaat bangeet . kita tanya sanasini biar tau jawabannya . dan pertanyaan terakhirnya itu njawabnya di mas tembeng . dan itu disuruh tidur . itu uda jam satu pagi lhoo -.- manfaat dari permainan ini itu adalah bisa kenal sama mas mas alumni yang sebagai tempat tempat dimana pertanyaan selanjutnya wuuuu .. capeeek bangeeet !

hari terakhir . hari yang paleng berkesan dan berbeda . karena semuanya itu kecapekan akhirnya yang cewek itu gak bangun pas subuhnya tepat . mereka dibangunin jam 5an . itu juga harus dibangun paksakan . akhirnya  kita bangun semua tapi pada tidur lagi . dan kirakira jam 7an gitu kita baru banguun . waaa .. rekooor ! setelah itu kita santaisantai sambil nunggu antrian mandi dan untuk kesekian kali saya mandi yang paleng akhir . yauda gapapalah . terus makanan belum selesei dimasak , diluar ada yang jualan bakso . kita mampir beli bakso deh . setelah beli , masakannya uda jadi untung gak beli banyak jadi bisa makan deh . makanannya nasi goreng tapi pedesnya masya Allah --" husss .. habis makan kita maen game lagi deh ,

game yang pertama kita baris kelompokan terus mata kita ditutup yang paleng belakang matanya gak ditutup . kita pegang pundak yang ada di depan mengikuti instruksi dari yang di belakang menuju tempat yang di beri tahu sama si pemimpin pemain . setelah itu selesai kita main sambung menyambung maksudnya mindahin karet dari depan ke belakang lewat sedotan . tapi kelompokku kalah ._. permainan terakhir kita maen bersama yaitu maling teriak maling . disini kita saling kenal antar alumni , kelas 12 , 11 sama 10 . wakwakwak seru abiiiiiiss :3

setelahnya kita persiapan pulaaang . sebelum pulang kita sholat dhuhur dulu abis gitu ada evaluasi sebentar . blablabla . kita jadi tahu banyak hal tentang GCC . gimana awalnya terbentuk . ketua pertamanya GCC itu mas ali . ekskul TIK mulai berdiri dan sebagainya . aduuuuh... terharu bangeeet deeh :'(

ini foto keluarga besarnya anggota GCC , kalo ditambah sama anakanak yang ada di Surabaya pasti buanyak bangeet dan lebih dari ini . 

good luck GCC , keep your compactness ! 

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

INSTAGRAM

Subscribe